Wednesday, August 3, 2016

Teknologi CGI

Apa itu CGI? Tentu tak sedikit dari kita yang mempertanyakan dengan teknologi apa dan bagaimana film-film kreatif ini dibuat. Ternyata, kunci pembuatan film-film ini adalah sebuah aplikasi komputer grafis yang disebut computer generated imagery (CGI). Dengan perangkat lunak ini bisa diciptakan gambar 3D lengkap dengan berbagai efek yang dikehendaki. Beberapa software CGI populer antara lain Art of Illusion.


Teknologi CGI  atau Computer-Generated Imagery jika diartikan dalam bahasa Indonesia yaitu pencitraan yang dihasilkan komputer adalah penggunaan grafik komputer atau lebih tepatnya, grafik komputer 3D dalam efek yang spesial. Teknologi CGI di terapkan dalam pembuatan film, acara televisi dan iklan, bahkan media cetak pun menggunakan CGI. Permainan pada video atau akting umumnya menggunakan grafik komputer waktu-nyata (jarang disebut sebagai CGI), tapi juga sering menggunakan "adegan tengah" (cutscene) yang telah di render dan film-film pembuka yang sangat mirip dengan penggunaan teknologi CGI, ini dinamakan sebagai Full Motion Video (FMV).


CGI pertama kali diterapkan di film Westworld, 1973. Tentu saja gambar yang dihasilkan pertama kali tak sebagus film The Avenger, Transformer, Amazing Spiderman, Batman, Hulk, Man of Steel jika membayangkan bagaimana penggunaan CGI terlalu sulit pada tahun tersebut.  

0 komentar:

PropellerAds
loading...
IBX5A65A6E26237F