Monday, July 17, 2017

MINUM KOPI DAPAT MEMPERPANJANG UMUR ?

Minum Kopi Dapat Memperpanjang Umur ? - Sebuah studi yang dilakukan oleh beberapa ahli menyebutkan bahwa secangkir kopi yang diminum secara rutin setiap hari dapat membuat anda panjang umur.

· Apakah benar minum kopi setiap hari dapat memperpanjang umur/usia ?
· Bagaimana kopi dapat memperpanjang umur ?

Para peneliti di Harvard School of Public Health, Brigham and Women's Hospital, Harvard Medical School, Indiana University, the Universidad Autonoma de Madrid dan the National University of Singapore, bersama-sama mengadakan penelitian mengenai hubungan kopi dengan umur seseorang.

Pada tahun 2015 National Health Service (NHS) Inggris telah mempublikasi sebuah penelitian tentang kopi dan kesehatan. Dari data penelitian tersebut didapatkan bahwa orang yang meminum kopi tiga sampai lima cangkir per hari memiliki risiko kematian dini 15% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang bukan peminum kopi. Tepatnya, pecinta kopi memiliki risiko kematian akibat gangguan jantung, diabetes, parkinson dan bunuh diri yang lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Karena temuan ini, kemudian menuai kontroversi. Sebagian orang optimis, sebagian lainnya terutama kalangan dokter mempertanyakan kebenaran penelitian ini. Beberapa yang meragukan menuntut adanya penelitian lebih lanjut. Sebagian peneliti memperingatkan, tidak perlu berlebihan menanggapi hasil temuan baru tersebut.

"Jika anda ingin hidup lebih lama, hal yang harus anda lakukan adalah menjaga kesehatan. Bukan minum kopi." ujar Emily Reeve, peneliti jantung senior dari British Heart Foundation.

Seorang ahli kesehatan, Christina Chrysohoou, yang juga tergabung dalam penelitian menyebutkan bahwa antioksidan dan beberapa nutrisi lain pada kopi sangat baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Nutrisi pada kopi ternyata juga sangat baik dalam mencegah tubuh terserang risiko diabetes, kanker juga jantung.

Tak hanya itu saja, kopi murni yang dikonsumsi secara rutin dengan porsi yang tepat akan membuat otak menjadi lebih cerdas, kemampuan memori yang lebih baik dan meningkatkan perasaan nyaman.

Sementara itu, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American Heart Assosiation menunjukkan bahwa minum segelas kopi setiap hari akan membuat seseorang terhindar dari stroke. Mereka yang rutin minum kopi dikatakan juga akan mencegah penyakit neurologis, demensia, alzheimer juga parkinson. Secangkir kopi yang rutin dikonsumsi setiap hari juga dikatakan mampu melindungi hati dan membakar lemak dalam tubuh.

Nmaun, meski begitu, orang-orang yang memiliki kebiasaan minum kopi ini juga harus memiliki pola hidup sehat, perasaan yang nyaman dan rutin melakukan olahraga serta check up terkait kondisi kesehatannya.

Di luar kaitan antara kopi dengan umur, penelitian yang dilakukan di Lisbon dan Portugal menemukan bahwa kafein dalam kopi dan teh dapat memberikan efek pencegahan terhadap penurunan fungsi kognitif yang dijumpai pada penderita demensia dan Alzheimer. Sementara itu, menurut jurnal Phytotherapy Research, penurunan kadar asetilkolin yang ditemukan pada penderita Alzheimer dapat dicegah dengan mengonsumsi kopi dan teh pahit; manfaat ini diduga diperoleh melalui hambatan aktivitas enzim acetylcholinesterase (AChE) yang memecah susunan kimia dari asetilkolin tersebut.

Namun demikian, meskipun kopi dipercaya bisa memperpanjang usia, pastikan untuk minum kopi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Jangan sampai berlebihan dalam konsumsi kopi karena hal ini justru sangat tidak baik buat kesehatan.

Meskipun minum lebih dari lima cangkir sehari tidak memiliki hubungan dengan kematian, Anda tetap dianjurkan untuk tidak meminum kopi lebih dari jumlah itu dan jangan merokok. Interpretasi dari hasil penelitian tsb tidak terbatas hanya pada kopi berkafein. Orang yang hobi minum kopi tanpa kafein juga ternyata mendapat manfaat yang sama. Alhasil, peneliti yakin bukan kafein yang memberi manfaat kesehatan tapi ada senyawa tertentu di dalam biji kopi yang membantu meredakan inflamasi dan resistansi insulin.

Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa orang yang minum kopi tiga sampai lima cangkir per hari memiliki risiko kematian dini 15% lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang bukan peminum kopi. Bukan berarti hanya dengan meminum kopi terus teruan dapat memperpanjang hidup.

Source : meetdoctor, netz

0 komentar:

PropellerAds
loading...
IBX5A65A6E26237F