Thursday, November 9, 2017

Tata Bahasa Korea Level 1 (Pelajaran 1 & 2)

Tata Bahasa Korea Level 1 - JMNote

Pelajaran 1
 
Ungkapan Salam / Sapaan dan Terimakasih.

์•ˆ๋…•ํ•˜์„ธ์š”. = Halo. / Apa kabar? / Selamat pagi. / Selamat Malam. /dsb…

์•ˆ๋…•+ํ•˜์„ธ์š” = ์•ˆ๋…•ํ•˜์„ธ์š”.
[an-nyeong] [ha-se-yo]

์•ˆ๋…• = kesejahteraan, perdamaian, kesehatan
ํ•˜์„ธ์š” = ..anda buat, apakah anda?, tolong lakukan, saya lakukan
์•ˆ๋…•ํ•˜์„ธ์š” adalah cara paling umum sambutan seseorang di Korea, dan ์•ˆ๋…•ํ•˜์„ธ์š” adalah ์กด๋Œ“๋ง [jondaetmal], sopan / bahasa formal. Ketika seseorang menyapa anda dengan ์•ˆ๋…•ํ•˜์„ธ์š”, anda dapat menjawab orang tersebut kembali dengan ์•ˆ๋…•ํ•˜์„ธ์š”.

Contoh Percakapan:
A: ์•ˆ๋…•ํ•˜์„ธ์š”. [annyeong-haseyo] = Halo
B: ์•ˆ๋…•ํ•˜์„ธ์š”. [annyeong-haseyo] = halo juga
C. ๊ฐ์‚ฌํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค. [gam-sa ham-ni-da] = Terima Kasih

๊ฐ์‚ฌํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค
๊ฐ์‚ฌ + ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค = ๊ฐ์‚ฌํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค.
[gam-sa] [ham-ni-da]
๊ฐ์‚ฌ = penghargaan, rasa syukur, terima kasih
ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค = Saya lakukan, saya melakukan
๊ฐ์‚ฌํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค adalah cara formal (์กด๋Œ“๋ง) paling umum digunakan untuk mengucapkan “Terima Kasih.”
๊ฐ์‚ฌ berarti “terimakasih” dan ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค berarti “Saya Lakukan..


Pelajaran 2

๋„ค / ์•„๋‹ˆ์š”
Dalam Bahasa Korea, “Ya” adalah ๋„ค [ne] dan “Tidak” adalah ์•„๋‹ˆ์š” [aniyo] dalam bentuk ์กด๋Œ“๋ง [jondaetmal], bahasa sopan.

๋„ค. [Ne] = Ya.
์•„๋‹ˆ์š”. [aniyo] = tidak.

Tetapi di Korea, disaat orang-orang mengatakan “๋„ค”, ini tidak sama halnya mengatakan “Ya.” dalam bahasa Indonesia. begitu juga dengan “์•„๋‹ˆ์š”” . karena dalam bahasa Korea “๋„ค” mengekspresikan anda “Setuju” dengan yang dikatakan orang lain. Dan “์•„๋‹ˆ์š”” mengekspresikan anda “perbedaan pendapat” atau “penyangkalan” dengan perkataan orang lain.

Misalnya, seseorang bertanya: “Anda tidak suka kopi?” (์ปคํ”ผ ์•ˆ ์ข‹์•„ํ•ด์š”? [keo-pi an jo-a-hae-yo?] (pada bahasa korea) dan jika jawaban anda adalah “Tidak, aku tidak suka kopi.” anda harus mengatakan “๋„ค.”

contoh dalam percakapan:
์ปคํ”ผ ์ข‹์•„ํ•ด์š”? [keo-pi jo-a-hae-yo?] = Apakah kamu suka kopi?
๋„ค. ์ข‹์•„ํ•ด์š”. [ne. jo-a-hae-yo] = Ya saya suka kopi
์ปคํ”ผ ์ข‹์•„ํ•ด์š”? [keo-pi jo-a-hae-yo?] = Apakah kamu suka kopi?
์•„๋‹ˆ์š”. ์•ˆ ์ข‹์•„ํ•ด์š”. [aniyo. an jo-a-hae-yo] = Tidak, Saya tidak suka kopi.
์ปคํ”ผ ์•ˆ ์ข‹์•„ํ•ด์š”? [keo-pi an jo-a-hae-yo?] = Apakah kamu tidak suka kopi?
์•„๋‹ˆ์š”. ์ข‹์•„ํ•ด์š”. [aniyo. jo-a-hae-yo] = tidak, saya suka kopi.
์ปคํ”ผ ์•ˆ ์ข‹์•„ํ•ด์š”? [keo-pi an jo-a-hae-yo?] = kamu tidak suka kopi?
๋„ค. ์•ˆ ์ข‹์•„ํ•ด์š”. [ne. an jo-a-hae-yo] = ya, saya tidak suka kopi.

๋„ค [ne] dapat juga di gunakan untuk mengatakan “ya betul / Benar kah. / saya tau. / saya disini! (ketika seseorang bertanya) /saya mengerti. / Ah-ha. / dll…

๋งž์•„์š”.
Orang korea sering menempatkan , ๋งž์•„์š” [ma-ja-yo] setelah ๋„ค [ne].
๋„ค, ๋งž์•„์š”. [ne, ma-ja-yo] = ya, itu betul.

Cara Penulisan Hangeul ํ•œ๊ธ€ dan Cara Membacanya klik disini
Lanjutan Tata Bahasa Korea Level 1 Pelajaran 3 & 4 klik disini.

5 comments:

  1. Kenapa bacaan ์ข‹์•„ํ•ด์š” jo-ahaeyo terselip huruf ใ…Ž di bawah bacaan ์กฐ apa huruf ใ…Ž tidak di baca ? Apa gimana ?? Binguuuuung daaaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. dalam kamus korea, kata ์ข‹์•„ํ•ด memang terdapat hufur ใ…Ž di bawah ์กฐ, dan sebernarnya itu dibaca, karena pengucapan yang cepat maka terdengar jo-ahae.
      seperti kata ํฌ์ฐฌ dalam penulisannya hueichan, tapi dalam pengucapan orang korea terdengar heechan.

      Delete
  2. Kenapa bacaan ์ข‹์•„ํ•ด์š” jo-ahaeyo terselip huruf ใ…Ž di bawah bacaan ์กฐ apa huruf ใ…Ž tidak di baca ? Apa gimana ?? Binguuuuung daaaah

    ReplyDelete
  3. kenapa aku mau klik pelajaran selanjutnya gak bisa ya ? tolong di bantu

    ReplyDelete

PropellerAds
loading...
IBX5A65A6E26237F