Saturday, November 11, 2017

Tata Bahasa Korea Level 1 (Pelajaran 3 & 4)

Tata Bahasa Korea Level 1 - JMNote

Pelajaran 3

Melanjutkan pelajaran ke-1 : ์•ˆ๋…•ํ•˜์„ธ์š”. [an-nyeong ha-se-yo]
Di dalam bahasa Korea, ketika anda mengatakan “Selamat tinggal” secara formal / sopan, ์กด๋Œ“๋ง [jondaetmal], ada dua jenis ekspresiyang biasa di gunakan yaitu :

1. Selamat Tinggal di gunakan apabila orang lain tinggal dan kita pergi kita dapat mengatakan:
์•ˆ๋…•ํžˆ ๊ณ„์„ธ์š”. [an-nyeong-hi gye-se-yo ][Selamat Tinggal]

2. Selamat Jalan di gunakan apabila orang lain pergi dan kita tinggal kita dapat mengatakan :
์•ˆ๋…•ํžˆ ๊ฐ€์„ธ์š”. [an-nyeong-hi ga-se-yo ] [Selamat Jalan]

Pelajaran 4

์ฃ„์†ก ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค. [Joe-song-ham-ni-da]
์ฃ„์†ก ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค = ์ฃ„์†ก ditambah ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค.


์ฃ„ ์†ก [joe-song] berarti “maaf”, “mohon maaf” atau “perasaan malu”.
ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค [ham-ni-da] berarti “melakukan”, sehingga ์ฃ„์†ก ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค [joe-song-ham-ni-da] berarti “Saya minta maaf”.

์ฃ„์†ก ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค tidak selalu berarti “Maaf”. Meskipun ์ฃ„์†ก ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค [joe-song-ham-ni-da] adalah Pada dasarnya “Maaf”, Anda tidak dapat menggunakan ์ฃ„์†ก ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค ketika Anda ingin mengatakan “Saya menyesal mendengar itu.” Hal ini karena ์ฃ„์†ก ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค adalah hanya berarti rasa penyesalan “Aku minta maaf.”, “Itu buruk.”, “Maaf kan.” Atau “Saya seharusnya tidak melakukan itu.” Tidak pernah bisa berarti “aku menyesal mendengar itu.

Dalam bahasa Indonesia, Anda dapat menggunakan istilah “Permisi.” Dalam semua situasi berikut:
1) ketika Anda melewati kerumunan orang
2) ketika Anda meninggalkan ruangan sejenak
3) ketika Anda ingin menarik perhatian seseorang dan berbicara dengan mereka atau membiarkan mereka tahu sesuatu
4) bila Anda ingin untuk memanggil pelayan di restoran atau kafe untuk memesan sesuatu.

Di dalam bahasa korea ์ € ๊ธฐ์š” [jeo-gi-yo] adalah sebuah ekspresi yang dapat diterjemahkan sebagai ungkapan untuk mengatakan “Permisi“ tetapi ์ €๊ธฐ์š” HANYA digunakan untuk situasi nomor 3 dan 4 di atas.

Bagaimana mengatakan “Permisi.” Bila Anda ingin melewati kerumunan orang?
Anda dapat mengatakan:

์ž ์‹œ ๋งŒ์š”. [cam-si-man-yo] (arti harfiah: “Sebentar.”)[sebentar saya mau lewat]
์ฃ„์†ก ํ•ฉ๋‹ˆ๋‹ค. [Joe-song-ham-ni-da] (arti harfiah: “Saya menyesal.”)[maaf saya mau lewat]
์ž ๊น ๋งŒ์š”. [cam-kkan-man-yo] (arti harfiah: “Sebentar.”)[permisi sebentar mau lewat]

Tata Bahasa Korea level 1 pelajaran 1 & 2 klik disini
Tata bahasa Korea Selanjutnya level 5 & 6 klik disini

0 komentar:

PropellerAds
loading...
IBX5A65A6E26237F